Tahu Walik Om Ta Gowok Jogjakarta

tahu walik om ta

Kreasi makanan dari bahan tahu memang tidak pernah ada habisnya. Setelah dunia tahu heboh dengan kreasi tahu sumedang, tahu bumbu petis, tahu telor, dan tahu bulat yang katanya di goreng dadakan. Beberapa tahun belakangan ini, bisnis tahu kembali heboh dengan kreasi barunya.

Tahu walik, merupakan cemilan berbahan dasar tahu yang sedang diminati beberapa tahun belakangan. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai kreasi berbahan dasar tahu yang berisikan adonan aci ini. Biasanya adonan aci menggunakan campuran daging ayam, ikan tengiri atau daging sapi. 

Sekilas tahu walik ini serupa dengan tahu bakso. Hanya saja yang membedakan kedua jenis cemilan ini adalah tekstur dari tahu tersebut. Kalau kita makan tahu bakso tekstur tahu-nya berasa basah, nah kalo tahu walik ini justru kebalikkannya. Kering, sangat renyah yang cenderung krispy.

Dikatakan tahu walik karena bahan utamanya yang berupa tahu goreng setengah matang, kemudian di goreng kembali dalam keadaan terbalik setelah diisi dengan adonan aci bercampur daging ayam atau daging lainnya yang telah diberi bumbu. Kemudian tahu tersebut digoreng dengan menggunakan minyak panas agar tahu dan adonan aci bisa matang dengan sempurna.

Cemilan/ kudapan tahu walik ini cocok banget gais untuk kalian nikmati sambil menonton tv, menonton drama korea, atau teman kalian saat minum teh sambil mengobrol. Atau mungkin kalian yang ingin mengganjel perut tapi tidak ingin menikmati makanan yang berat, cocok banget ni untuk mencoba cemilan/ kudapan yang satu ini.

Nah, kali ini aku mau me-review tahu walik enak yang ada di Jogjakarta. Tempat ini merupakan tahu walik pertama yang ada di jogja loh. Penasaran? Yuk langsung aja di simak review ku.

Tahu Walik Om Ta

Tahu walik om ta ini termasuk tahu walik yang berukuran besar. Isian aci dari tahu walik ini juga montok abis gais. Nggak pelit sama sekali. Jadi tahunya juga nggak berasa kopong. Tahu walik ini juga memiliki sambal cocol yang sudah terasa pedas, walau juga diberi banyak cabe rawitnya. Buat pecinta pedas mungkin menikmati tahu walik sambil dicocol sambal ditambah dengan cabe rawit akan terasa nampol. Oh ya, sambel cocolnya dikasih tidak cuma satu bungkus loh. Pokoknya bener-bener nggak pelitlah.

Saat makan nggak usah diragukan lagi, bunyi kriuk bisa sampai terdengar saat kita menggigitnya. Ya karena tahu walik ini memang begitu sangat krispy. Isian acinya juga berasa daging ayamnya. Dan terlebih lagi kita jarang menemukan serpihan tulang. Hal ini menjadi nilai plus diantara tahu walik yang lain. Karena biasanya isian tahu walik banyak sekali serpihan dari tulang dan itu mengganggu sekali.

Kemudian saat tahu walik dimakan bersama dengan sambal cocolnya wah rasanya serasi banget. Perpaduannya enak banget, menyatu dan sangat pas di lidah. Keadaan kayak gini nih yang membuat ingin makan terus lagi dan lagi. Saat kepedesan juga malah tambah pengen giling terus sampai tahu terakhir.

Harga Tahu Walik Om Ta

Dulu harga tahu walik om ta perbiji seharga 500 rupiah. Tapi sekarang harga terbarunya 1000 rupiah per bijinya ya gais. Walau harganya naik 500 rupiah, tapi untuk rasa, bentuk dan teksturnya tetep sama nggak berubah sama sekali. Good Job!

Lokasi Tahu Walik Om Ta

tahu walik om ta

Lokasi tahu walik om ta berada di jalan Nogorojo, Depok, Yogyakarta. Tidak usah takut kalian tidak dapat menemukannya. Kalian bisa menggunakan aplikasi gmaps untuk menemukan lokasi pastinya tahu walik om ta. Jadi tidak akan tersasar deh.

Bagi yang malas dan mager di rumah, menggunakan aplikasi gojek dan gofood untuk memesan tahu walik om ta juga bisa loh. Jadi nggak perlu kesana langsung jika ingin menikmati tahu walik yang kriyuk ini.

Kesimpulanku

tahu walik om ta

Ini merupakan tahu walik yang wajib banget kalian coba. Teksturnya yang renyah, ukurannya yang besar, isian adonan aci yang tidak pelit sehingga terlihat montok, membuat kita bisa merasakan kenyang walau makan cuma tiga biji. Kalau dilihat ukurannya yang besar ini berbeda dengan tahu walik lainnya yang ada di Jogja. Jika di bandingkan mungkin tahu walik ini tahunya dibagi dua saja. Sedangkan tahu walik lainnya dibagi empat, jadi ukurannya lebih kecil. 

Selain itu di Jogja jarang banget ada tahu walik yang punya sambel cocol. Dan menurut aku sambel cocol dari tahu walik ini enak banget. Rasanya pas serta serasi sekali saat dimakan bersama tahu waliknya. Bikin nambah napsu nyemil dan pastinya jadi susah untuk berhenti. 

Oh ya, ada tambahan. Untuk isian dari adonan acinya juga minim banget ditemukan serpihan dari tulang ayamnya. Ini menjadi point dan nilai plus tersendiri untuk tahu walik om ta. Dan yang pasti tekstur dan suara kriyuknya itu yang nagih banget sampai ingin makan terus-terusan. 

Intinya sih tahu walik ini juga nggak pelit ya, baik itu dari ukuran, isiannya yang montok, sambal cocolnya, sampai cabe rawitnya yang banyak. Wajar sih tahu walik ini masih jadi idaman dan ramai sampai sekarang. Karena benaran enak. Kalau kalian sempat bisa coba tahu walik ini ya. Pasti bakalan suka deh. Nggak percaya cobain aja!

Sekian review aku mengenai salah satu jajan cemilan di Jogjakarta. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya! 🙂

Perkenalkan, namaku istapuspit. Aku suka menulis dan sharing. semoga informasi di blogku bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *